Kamis, 29 Oktober 2015

TIPS MENABUNG YANG BAIK

Orang tua selalu melakukan hal yang baik untuk anak-anaknya. Apakah si anak dalam keadaan bahagia, sedih bahkan sedang dalam mengalami trauma baik secara fisik mau pun psykis.

Jadi teringat kenangan masa kecil. Saat tinggal di daerah pegunungan yang dingin sekali. Disana banyak sekali hidup katak yang ukuran tubuhnya tidak seperti katak kebanyakan. Ukuran tubuh katak tersebut sangat besar melebihi ukuran tubuh katak biasa. karena satu dan lain hal, terjadi insiden yang membuat aku trauma dengan dengan keberadaan katak raksasa ini. Padahal mereka selalu ada dan berlompatan di teras depan rumah. Aku yang saat itu masih batita sangat takut melihatnya.

Akhirnya mama dari mamaku alias nenekku dengan cerdiknya berhasil menghapus trauma insiden katak dari pikiranku. Hingga aku tidak takut lagi melihat katak raksasa itu.

Penasaran kan? Apa yach yang dilakukan nenek tercintaku. Memang ilmu pskologi orang dulu super mantap.😊Walau bukan lulusan fakultas pskologi ternama pun.

Yang dilakukan nenekku adalah membelikan aku celengan tembikar yang berbentuk katak besar bahkan lebih besar dari katak-katak centil yang ada dihalaman. Warnanya pun hijau tua. Nenekku membelinya dua buah. Satu diisi untuk tabungan oleh nenekku satu lagi diisi untuk tabunganku.

Nah, kan. Trauma pun bisa diubah jadi tabungan oleh nenek moyang kita. Keren banget kan😊

Apalagi di jaman sekarang ini. Fasilitas untuk menabung ada dimana-mana.
Mau menyimpan uang di bank, bisa. Tidak mau repot terus menyimpan uang di bawah kasur apalagi. Kan berat tuh kasurnya dibalik hanya untuk mau mengambil uangnya. Apalagi kasur yang namanya spring bed. Becanda bermanfaat broth and sist..

Beberapa cara yang juga bisa broth and sist lakukan dan gampang banget diterapkan dalam keseharian.

1. Daripada terbuang percuma simpan recehan hasil kembalian belanja didalam wadah botol kecil bekas minuman, produk pengilau rambut, shampoo, dll. Recehan ini masih bisa dimanfaatkan untuk belanja bahan masakan, beli cemilan yang biasa lewat di depan rumah misalnya. Itu juga sangat membantu mereka loh. Atau juga disedekahkan sehingga kita juga dapat pahalanya.

2. Duit sisa belanja seperti duit 5000, 10000, 20000 dapat juga ditabung diwadah yang membuat anda senang. Pake botol-botol bekas yang lebih besar juga boleh. Nah yang ini kalo udah terkumpul banyak bahkan bisa jadi modal usaha. Jadi nabungnya bertambah nilainya jadi menghasilkan duit tambahan. Bahkan bisa membuat anda jadi pengusaha sukses. Nggak nyangka khan.😊

3. Biasa kan untuk menargetkan biaya pengeluaran harus sesuai dengan pendapatan kita. Jangan sampai besar pasak daripada tiang. Kalo tidak mau kepala tambah pusing karena punya banyak utang.

4. Kalo mau menabung di Bank harus perhatikan syarat dan ketentuan disetiap jenis tabungan. Lalu pilih jenis tabungan yang sesuai dengan yang kita butuhkan saat itu. Jangan sampai salah pilih karena bukannya nabung malah duit anda bisa habis dech tanpa disadari.

5. Memulai pagi anda dengan sedekah juga bisa membiasakan diri anda untuk menabung. Karena nilai sedekah bisa berlipat-lipat dari yang anda berikan. Sedekah tidak harus memberatkan karena kita bisa bersedekah walau hanya dengan sepotong buah kurma. Nice kan guys..

6. Yang terpenting ajarkan anak-anak kita untuk menabung dari kecil. Hal kecil ini lah nanti yang bisa membawa menjadi sesuatu yang besar. Bayangkan dengan mengajar mereka sekarang hal ini nanti juga diterapkan ke generasi berikut. Membuat mereka juga sukses menjalani kehidupan di masa depan.

Please visit this link:
Http://tinyurl.com/ppmnfk7
#7EBC8915#
@bbasyarudin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar